Kamis, 09 April 2015

Resume Materi Manajemen Media Massa

Karakter Media Massa
Media Massa (Mass Media) –sering disingkat jadi “media” saja– adalah channel, media/medium, saluran, sarana, atau alat yang dipergunakan dalam proses komunikasi massa, yakni komunikasi yang diarahkan kepada orang banyak (channel of mass communication).
Komunikasi massa sendiri merupakan kependekan dari komunikasi melalui media massa (communicate with media).

Jenis Media Massa
Media massa adalah “sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya radio, televisi, dan surat kabar”.
Media  Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan. Dengan demikian, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya  satu sama lain (Soehadi, 1978:38).
Yang termasuk media massa terutama adalah suratkabar, majalah, radio, televisi, dan film sebagai The Big Five of Mass Media (Lima Besar Media Massa), juga internet (cybermedia, media online).

Media Elektronik dan Online
1.      Media Massa Elektronik (Electronic Media). Jenis media massa yang isinya disebarluaskan melalui suara atau gambar dan suara dengan menggunakan teknologi elektro, seperti radio, televisi, dan film.
2.      Media Online (Online Media, Cybermedia), yakni media massa yang dapat kita temukan di internet (situs web).

Peran Media Massa
Denis McQuail
1.      Industri pencipta lapangan kerja, barang, dan jasa serta menghidupkan industri lain utamanya dalam periklanan/promosi.
2.      Sumber kekuatan –alat kontrol, manajemen, dan inovasi masyarakat.
3.      Lokasi (forum) untuk menampilkan peristiwa masyarakat.
4.      Wahana pengembangan kebudayaan –tatacara, mode, gaya hidup, dan norma.Sumber dominan pencipta citra individu, kelompok, dan masyarakat.
Fungsi Media Massa
Fungsi media massa sejalan dengan fungsi komunikasi massa seperti yang disampaikan
Harold D. Laswell:
·         Informasi (to inform)
·         Mendidik (to educate)
·         Menghibur (to entertain)
Fungsi Media Menurut UU No. 40/1999 tentang Pers:
·         Menginformasikan (to inform)
·         Mendidik (to educate)
·         Menghibur (to entertain)
·         Pengawasan Sosial (social control) –pengawas perilaku publik dan penguasa.

Manajemen Penerbitan
PENGERTIAN
Penerbitan pers  cetak adalah: persuratkabaran yaitu  lembaga mengelola informasi terdiri dari fakta dan opini yang disajikan kepada masyarakat sebagai salah satu komoditi
Pers secara melembaga dapat dikelola secara organisasi, punya tata laksana, dan tata administrasi.

Pengertian manajemen
Berasal dari Bahasa Inggris Management dan Italia manaj (iare) berarti memimpin, membimbing dan mengatur. Manajemen terdiri atas POAC (planning, Organizing, Acting,Controling
·         Planning : penetapan tujuan, penetapan aturan, penyusunan rencana.
·         Organizing : pembentukan bagian-bagian, pembagian tugas,pengelompokan pegawai.
·         Acting : melaksanakan tugas, memproduksi, mengemas produk, menjual produk dan selanjutnya.
·         Controling : melihat pelaksanaan tugas, menyeleksi produk, mengevaluasi penjualan.

Langkah Efektif Dalam Penataan Ulang Proses Penerbitan Pers
1.      Memulai dari top management
2.      Manajer harus meningkatkan pembinaan terhadap staf-staf yang menolak perubahan organisasi
3.      Membentuk tim evaluasi pengembangan usaha  yang terdiri dari kelompok  mencakup manajemen tingkat menengah, manajemen tingkat bawah dan tim khusus.

Pendapatan Penerbitan Pers
1.      Menjual Produk
-          Penjualan tetap (langganan)
-          Penjualan tidak tetap(retail/eceran)
-          Penjualan secara barter (tukar barang)
2.      Menjual Kolom
3.      Menjual Jasa

Dalam manajemen perusahaan pers sebenarnya tidak dikenal bagian promosi, karena penerbitan pers secara otomatis  sudah mempromosikan dirinya.  Namun penerbitan pers perlu memiliki customer care atau komunikasi pemasaran yang tugasnya:
1.   Mengkomunikasikan produk penerbitan serperti koran, majalah, iklan dan produk layanan masyarakat.
2.  Menerima saran, kritik, masukan, pandangan dari pembaca untuk diteruskan ke unit kerja redaksi, iklan, sirkulasi
3.      Membantu redaksi mengkomunikasikan produk infomasi yang dihasilkan kepada masyarakat.
Elemen Manajemen Pers
1.      Top Manager (Pimpinan Umum)
Orang pertama dalam suatu perusahaan Penerbitan Pers, mengendalikan perusahaan mulai dari bidang redaksional hingga bidang usaha.
2.      Pemimpin Redaksi
            orang pertama yang bertanggung jawab atas semua isi penerbitan pers
3.      Sekretaris Redaksi
            Pembantu pimred dalam hal administrasi redaksional
4.      Redaktur Pelaksana
Jabatan yang dibentuk untuk membantu pimred dalam redaksional, terutama dalam hal mengumpulkan berita, halaman, tanggapan atau komentar dari masyarakat
5.      Redaktur
Bertanggung jawab atas isi, halaman surat kabar dan proses berita di Televisi.
6.      Wartawan
Orang yg bertugas mencari,mengumpulkan dan mengolah informasi menjadi berita

Manfaat   internet
1.       Informasi
untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,
sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Unsur-Unsur Web Site atau Situs
Domain Name Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs. Domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL
Contoh : http//www.detik.com

Generic Domains(gTLDs)
Domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain yang tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.

A.      Contoh Generic Domain
v  .com :  top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".
v  .edu : domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
v  .gov :  domain untuk pemerintahan (government)
v  .mil : domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
v  .org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).

B.      Country-Specific Domains
Domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan Domain di Indonesia  .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
v  .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
v  .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
v  .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
v  .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori "ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain
v  .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
v  .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
v  .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.

Media Online
Pengertian Media Online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Sarana komunikasi secara online melalui milist, blog, website, WA dan media social Pengertian media online secara khusus adalah media yang menyajikan karya jurnalistik (berita, artikel, feature) secara online.

Karakteristik Media Online
·         Kapasitas luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
·         Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
·         Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
·         Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
·         Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
·         Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
·         Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
·         Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
·         Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
·         Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)yang berkaitan dengan informasi tersaji.

Jurnalisme Online (Cyber Journalism)
Jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet (website).  reporting of facts produced and distributed via the Internet. Jurnalisme Online merupakan jurnalisme judul karena perilaku pembaca yang umumnya ”headline reader” atau ”lead reader” perilaku yang juga berlaku bagi pembaca koran. Tubuh berita biasanya diformat dalam bentuk singkat dan padat. Kelengkapan informasi tetap terjaga karena ada ”berita/tulisan terkait”.


PETA MEDIA DI INDONESIA













Tidak ada komentar: